Wednesday, May 11, 2011

Cara Mengasah Pisau Dengan Betul

Batu asah ini adalah antara yang terbaik untuk mengasah pisau dan agar tetap tajam untuk waktu yang lama.

(Gambar dibawah: Arato (kiri pada gambar) Nakato (Tengah pada gambar) dan Siageto (Kanan pada gambar). Setiap jenis batu asah memiliki bentuk yang berlainan dan berbeza untuk proses penajaman pisau.

Arato memiliki permukaan kasar. Batu Asah Arato berguna untuk memperbaiki ujung pisau yang patah, dan sudut untuk membuat pisau tajam.

Nakato Pengasahan dengan Nakato membuat pisau lebih tajam dan bentuk pisau yang lebih baik (pada bagian sudut pisau) agar pisau tajam.

Siageto digunakan untuk menyelesaikan proses akhir dalam pengasahan pisau. Proses ini diperlukan untuk menjaga pisau agar tajam lebih lama.

Langkah 1.. Persiapan untuk Pengasahan.

Pertama letakan batu asah dalam air untuk menghilangkan udara dari dalam batu asah tersebut.. Anda akan melihat banyak gelembung keluar dari batu asah tersebut. 5 sampai 10 menit kemudian, setelah gelembung berhenti keluar, Batu asah siap untuk diasah. Siapkan meja untuk mengasah. Dan juga siapkan handuk untuk ménage batu asah terpelanting dari meja

Hal-hal penting untuk memeriksa kondisi hujung pisau sebelum mengasah.

Jika pisau yang akan diasah telah lama tidak diasah selama 6 bulan.Kemudian hendak mengasahnya semula perlu dengan menggunakan Arato.
Jika sering kali mengasah,gunakan Nakato.

Langkah 2. Sharpening dengan Arato.

Seperti yang di lihat dalam gambar, Jarak sekitar 10 inci ker 15 inci ketinggian antara pisau dan batu pengasah ini amat penting ..

Tarik asahan pisau hingga mencapai tepi lain batu asah.Kemudian tarik pisau kembali sehingga mencapai tepi batu asah.Proses ini berlaku kira-kira 5kali asahan.Kemudian pindahkan posisi jari-jari ke sisi pisau yang belum diasah.Lakukan ini dari hujung dasar pisau.

Selanjutnya kita mempertajam sisi pisau. Seperti gambar di atas kita mulai mempertajam dari atas batu asah. Seperti yang Anda lakukan sebelumnya selalu sangat penting untuk menjaga sudut yang sama sekitar 10 Inch sampai 15 Inch, yang berjarak sekitar dua koin ketinggian antara mengasah pisau dengan batu. Dorong titik yang Anda inginkan untuk mempertajam dengan ibu jari, dan sisi sebelahnya dengan ketiga jari. Sekaligus mempertahankan sudut dan mendorong titik dengan jari-jari anda, dorong pisau hingga mencapai tepi lain batu asah.Kemudian tarik pisau kembali hingga mencapai tepi batu asah. Proses tadi dihitung sebagai satu set dalam setiap asahan pisau. Lanjutkan ini selama lima setThen move the position of your fingers to where you have not sharpened yet. Do five sets of sharpening again. Kemudian memindahkan posisi jari-jari Anda ke tempat Anda belum diasah belum. Do lima set penajaman lagi. Do this from the tip to the base of the blade. Lakukan ini dari ujung ke dasar pisau. If your whet stone becomes dry while you are sharpening, put water on it to make sharpening easier. Jika Anda mengasah pisau dan batu asah anda menjadi kering, taruh air di atasnya agar mengasah lebih mudah.

Langkah 3. Sharpening dengan Nakato.

Selanjutnya kita mempertajam dengan Nakato. Penajaman dengan Nakato adalah sama dengan mengasah menggunakan Arato. Silahkan melihat penjelasan dan gambar di atas. Mengasah menggunakan batu asah Arato membuat sudut pisau lebih baik dan mempertajamnya tepi pisau dengan menggunakan Batu asah Nakato

Langkah 4. Mengasah dengan Shiageto.(Penyelesaian)


Untuk menyelesaikan mengasah pisau, dapat menggunakan Shiageto, Mengasahsah dengan Shiageto adalah pekerjaan yang berbeda dari mempertajam dengan Arato dan Nakato. Seperti pada gambar. Memegang pisau kali ini juga pada jarak sudut 10 Inch sampai 15 Inch. Sambil menjaga sudut ini, Anda dapat memindahkan mengasah pisau di batu ke sisi pisau lainnya. You need to keep the blade touching the whet stone from the tip to the base of the blade. Anda perlu menjaga pisau yang diasah menyentuh batu dari ujung ke dasar pisau Lanjutkan ini sebanyak lima kali.

Berikutnya adalah sisi pisau lainnya. Mulai seperti gambar, Memegang pisau untuk mempertahankan sudut dan memindahkan pisau ke dasar batu asah. Anda perlu menjaga pisau yang diasah menyentuh batu dari ujung ke dasar pisau. Lakukan ini sebanyak lima kali.

Setelah semua langkah dilakukan cuci pisau dengan air.

Sekarang pisau anda tajam seperti anda membeli pisau pertama kali!


Alkiram.

2 comments:

  1. Assalamualaikum.
    Saya masih belajar mengasah pisau. Dimana boleh saya beli batu asah ini ye? Harap dapat membantu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum
    kalo ada kabar tempat pembelian batu asah jepang tolong kirim infonya ke mcchooy@gmail.com terima kasih.

    ReplyDelete